PENGETAHUAN “Masalah Pencernaan yang Timbul Akibat Gas”

Masalah pencernaan yang timbul akibat gas Timbulnya masalah masalah pencernaan yang timbul akibat gas seperti buang angina, perut kembung / begah, sakit perut, dan sendawa tergantung dari banyaknya gas yang dihasilkan oleh tubuh, banyaknya asam lemak yang diserab oleh tubuh dan sensitifitas saluran cerna seseorang terhadap gas.

1. Sendawa Sendawa sesudah makan merupakan hal yang wajar dimana lambung yang sudah berisi makanan mendesak gas sehingga dikeluarkan melalui sendawa. Jika sendawa berlebihan kemungkinan akibat menelan udara terlalu banyak. Namun jika terdapat sendawa yang berlebihan harus dicurigai adanya kelainan saluran cerna bagian atas seperti tukak peptic, gastroesophageal reflux disease (GERD), atau gastroparesis. Karena anggapan sendawa dapat mengurangi ketidak nyamanan di perut, beberapa orang melakukan sendawa secara rutin atau tidak untuk mengatasinya sebagai kebiasaan.

2. Buang gas (flatus) Cara laian yang bisa digunakan untuk mengurangi gas adalah melalui rectum yaitu sebagai flatus. Jika terlalu sering flatus dicurigai terjadi malabsorpsi.karbohidrat.

3. Perut kembung Banyak orang percaya kembung akibat gas yang terlalu banyak dalam saluran cerna. Namun tidak jarang diantaranya ternyata mengandung gas dalam jumlah yang normal. Dalam medis dikenal penyakit yang disebut irritable bowel syndrome (IBS), dimana salah satu penyebabnya dicurigai adalah akibat gangguan gerakan dan motilitas otot usus sehingga meningkatkan sensitifitas nyeri di usus dan memberikan sensasi kembung.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: